Syarat KPR

KPR (Kredit Pemilikan Rumah), merupakan fasilitas yang diberikan oleh Perbankan/Bank kepada Masyarakat dalam proses pembelian Rumah. Akan tetapi ada beberapa masyarakat yang belum secara jelas mengetahui akan syarat-syarat yang diperlukan untuk Proses KPR ini.

Selain Pemberkasan / Dokumen yang diperlukan dalam Proses KPR, juga ada syarat yang harus Pemohon KPR penuhi dan ada yang belum ketahui/pahami hal ini, yaitu :

  1. Syarat Minimum Income, pada umumnya Bank syaratkan pemohon KPR memiliki Income Tetap (Gaji) sebesar 2,5-kali atau 3-kali angsuran. Misalkan untuk Angsuran Rumah 5-juta, artinya Pemohon KPR harus memiliki income-tetap sekitar 15-juta.
  2. Lalu jika memiliki Angsuran Lain ? Tidak masalah tetap masih dapat ajukan KPR, tapi Income-Tetap dikurangi Angsuran yang sudah ada, maka sisanya yang dianggap oleh Bank sebagai Income-Tetapnya.
  3. Usia Pemohon KPR, usia Pemohon KPR 21-tahun tetapi jika usia sebelum 21-tahun tapi sudah memiliki Income-Tetap sesuai syarat Bank bisa mengajukan KPR. Dan, untuk usia Maksimal pemohon KPR adalah 55-tahun untuk Employee dan 60-tahun untuk Wiraswasta/Profesional. Usia maksimal ini merupakan usia disaat KPR Lunas. Misalkan, saat ini usia Anda 40-tahun, maka masih bisa mengajukan KPR untuk 15-tahun.
  4. Tidak Memiliki Masalah Dengan Perbankan (Kartu Kredit, KTA, atau pinjaman Perbankan lain).
  5. Tidak Memilik Masalah Dengan Angsuran Lain (Mobil, Motor, Elektronik, atau lainnya)

Khusus point-04 dan point-05 diatas akan diketahui dalam proses BI-Checking, sebelum proses Verifikasi KPR-nya. Jika semua itu terpenuhi, insha allah proses selanjutnya tinggal Syarat Dokumen dan Sumber Income/Pekerjaan saja.

Syarat Karyawan ( Swasta / PNS )

Warga Negara Indonesia

Foto-copy KTP Suami-Istri (jika sudah Menikah), jika Single cukup KTP Pribadi.

Foto-copy Kartu Keluarga. Tidak wajib KK sendiri, jika masih bergabung dengan KK Orang-Tua tidak masalah.

Foto-copy Buku Nikah, jika belum Menikah berkas ini tidak perlu.

Foto-copy Kartu NPWP.

Slip Gaji Asli, 3-bulan terakhir.

Surat Keterangan Kerja Asli yang mencantumkan Status sebagai Karyawan Tetap dan sudah selama minimal 2-tahun. Jika sudah sebagai Karyawan Tetap tetapi belum 2-tahun, bisa melampirkan Surat Parklaring dari tempat kerja sebelumnya. Yang total sudah 2-tahun di tempat sebelumnya dan tempat saat ini Anda bekerja.

Jika PNS/Swasta, bisa juga melampirkan SK Pengangkatan.

Print-out Rekening Koran Pribadi (bisa diminta di CS Bank terkait), Rekening yang terima Income/Gaji, sehingga tercetak Gaji Anda.

Pas-foto Suami-Istri ukuran 3×4. Jika belum Menikah, cukup Pas-foto Anda saja.

Syarat Wiraswasta

Seluruh Dokumen Pribadi seperti Syarat Karyawan diatas. Tapi Khusus Wiraswasta, tidak perlu melampirkan Slip-Gaji dan Surat Keterangan Kerja.

Melampirkan Foto-copy untuk Legalitas Usaha, termasuk SKU (Surat Kegiatan Usaha) yang dikeluarkan oleh Kelurahan.

Print-out Rekening Koran 6-bulan Terakhir, rekening yang menjadi alur keluar-masuk uang usaha.

Pembukuan Lengkap Hasil Usaha selama 6-bulan Terakhir.